Tangga Lagu Billboard akan Hadir di Indonesia

11 September 2019 by
Tangga Lagu Billboard akan Hadir di Indonesia

Di beberapa negara, chart atau tangga lagu Billboard menjadi tolak ukur musisi atas kesuksesan karya lagunya. Tak lama lagi, Billboard hadir di Indonesia untuk pertama kalinya.

Tangga lagu Billboard Indonesia nantinya membuat tabulasi tentang popularitas mingguan dari lagu di Tanah Air. Hasilnya nanti dipublikasikan di laman billboardid.com.

Chief Operating Officer Billboard Indonesia, Aldo Sianturi mengatakan, banyak media yang membuat tangga lagu namun sudah tidak berjalan. Dengan adanya Billboard di Indonesia diharapkan pecinta musik bisa melihat transparasi tingkat kepopuleran lagu yang beredar.

"Tangga lagu Indonesia pernah ada pada sebuah masa.  Kita cukup lama tidak memiliki barometer di satu negara. Kami berinisiatif menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori," ujar Aldo Sianturi kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Chart Billboard Indonesia akan resmi diluncurkan pada 25 September 2019. Menurut Aldo, tangga lagu Billboard bisa bermanfaat bagi penikmat musik maupun musisi itu sendiri.

"Di semua negara, tangga lagu sangat penting. Dengan kehadiran chart lagu Indonesia, musisi akan mempunyai kemudahan mengetahui popularitas sebuah lagu yang diminati masyarakat sekaligus menjadi penanda sebuah era," terang Aldo Sianturi.

"Kehadiran kami Billboard tangga lagu Indonesia untuk mendukung konten musik Indonesia mengglobal. Ahli matematika dari ITB kita libatkan. Kita punya akurasi dan transparansi karena chart ini tujuannya untuk refleksi wajah industri musik sendiri," pungkas Aldo Sianturi.

Billboard Indonesia akan bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait seperti ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia). Seratus tangga lagu yang akan dirilis nanti gabungan dari beragam genre. Aldo memastikan pihaknya tidak punya kepentingan sehingga hasil yang dimuat nanti benar-benar akurat dan transparan.

(pri)

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
100%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

217 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alam Nurdin 16 September 2019 | 08:30:24

bagus donk kalo ada tangga lagu lagi

Kurosaki chigo 16 September 2019 | 01:48:12

semoga saja berhasil tangga

yani alvi31 16 September 2019 | 01:22:19

tangga lagunya indonesia selalu bisa naik dan laku

Galih Pured 15 September 2019 | 12:03:28

kabar bagus untuk musisi billboard menghadirkan tangga lagu

Ingga Kristiaana 15 September 2019 | 10:45:38

itu dibuat untuk memajukan musik negara indonesia

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top