SM*SH Sang Fenomenal Comeback Tanpa Morgan, Bisa Berjaya Lagi kah?

12 July 2018 by
SM*SH Sang Fenomenal Comeback Tanpa Morgan, Bisa Berjaya Lagi kah?

 

Uzone.id - Berungtunglah bagi kaum cewek yang mengidolakan artis boyband atau girlband karena masyarakat sudah permisif alias menganngap wajar.

Tapi susah kalau yang namanya cowok punya idola boyband atau girlband, mudah saja diberi stempel 'banci' atau alay.

Terlepas dari sebutan itu, masih hangat di pikiran gue saat muncul boyband yang digawangi Morgan Oey, Rafael, Rangga, Bisma, Dicky, Reza, dan Ilham pada tahun 2010. Mereka mengibarkan bendera SM*SH yang kependekan dari Seven Man as Seven Heroes.

Kebetulan juga saat itu antusias para ABG perempuan di Indonesia hingga dunia sedang keranjingan artis K-Pop macam Super Junior, BigBang, 2NE1 hingga 2PM. Popularitas mereka sekarang tergantikan oleh para juniornya, termasuk EXO, BTS, Wanna One, dan Blackpink.

SM*SH tak cuma muncul di saat yang tepat ketika itu. Tapi berkat debut single 'I Heart You' yang refrain-nya kok bisa mengendap di otak pendengarnya.

Penggalan lirik 'you know me so well' seperti terperangkap di pikiran kita. Selalu berdengung tanpa kita mengingatkan.

 

A post shared by Smash Indonesia (@smash_ina) on

Kalau istilah ilmiahnya sih, last song syndrome tuh gaes. Kayak kaset disetel diulang-ulang terus di pikiran kita.

Istilah lainnya juga dinamakan earworm atau fenomena potongan musik yang digaungkan berulang oleh otak kita, meskipun musik tersebut tidak dimainkan lagi.

Gara-gara 'I Heart You', SM*SH tak bisa dibendung dalam mencapai ketenaran. Masih ingat juga, bagaimana mereka di-bully habis-habisan oleh haters yang kebanyakan kaum cowok.

Tapi itu malah bikin Morgan cs perlahan-lahan menjadi salah satu grup musik yang masuk dalam jajaran papan atas.

Kemudian, saking tenarnya SM*SH, Trans TV pun bikin serial 'Cinta Cenat Cenut' yang diperankan para member. Serial mereka sampai menghabiskan tiga musim.

 

A post shared by Smash Indonesia (@smash_ina) on

Sukses SM*SH tak sendiri, Indonesia juga diramaikan oleh Coboy Junior dan Cherrybell dengan lagu-lagu mereka yang kena di hati.

Sebenarnya di era itu banyak sekali manajemen artis memproduksi boyband dan girband dengan harapan bisa ngetop seperti SM*SH.

Namun, modal visual saja tak cukup. Materi lagu yang bagus dan disukai banyak orang jadi komponen penting grup bertahan lama di industri.

 

4 tahun vakum

Kini, SM*SH melakukan comeback di tengah industri musik yang terbilang sepi. Bukan karena musisi kita tak mampu bikin karya sih. Tahu sendiri kan, sekarang bukan eranya lagi jualan lagu lewat materi fisik atau digital, tapi harus cari duit juga lewat panggung ke panggung.

Bisma di acara jumpa pers di Epicentrum, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/7/2018) menegaskan comeback SM*SH bukan reuni karena tanpa Morgan.

 

A post shared by Morgan Oey (@morganoey) on

"Ya karena ini bukan reuni, dia juga kan punya kontrak sama manajemen," kata Bisma salah satu member yang punya banyak penggemar di grup ini.

Morgan memang yang pertama kali keluar dari band pada September 2013. Awalnya sih alasan ingin fokus kuliah tapi ternyata dia ingin serius menekuni dunia akting.

Rafael, Rangga, Bisma, Dicky, Reza, dan Ilham tetap harus move on walau hanya berenam. Mereka menyapa penggemar setelah empat tahun vakum.

Mereka membawa single terbaru berjudul 'Fenomena'. Apakah lagu ini akan jadi loncatan SM*SH kembali berjaya di Indonesia? Ya, semoga aja ya gaes.

Apa Reaksi Anda ?

Love
71%

Suka

Laugh
25%

Lucu

Surprised
4%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

838 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
faricha tama 19 April 2019 | 11:12:15

Tapi smash tanpa morgan itu hambar

Amir Rudin 07 April 2019 | 02:47:21

kaya nya ngga bakal bisa dah tanpa morgan

Neni Maulana85 03 April 2019 | 00:48:26

sepertinya kurang lengkap ya tanpa morgan

Yosep Permana 30 March 2019 | 01:36:22

yah semoga bisa sukses seperti dulu

Aov 23 February 2019 | 23:59:15

yah sekalipun sudah tidak ada morgan semoga sukses terus

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top