Ruth Sahanaya vs Titi DJ, Siapa Diva Favorit Kamu?

13 December 2018 by
Ruth Sahanaya vs Titi DJ, Siapa Diva Favorit Kamu?

Ruth Sahanaya dan Titi DJ merupakan diva pop Indonesia. Bersama Krisdayanti, mereka membentuk grup vokal 3 Diva pada tahun 2000-an.

Sebelum dijuluki diva, mereka memiliki awal karier di industri musik Tanah Air yang hampir sama. Mari kita simak karier dan pencapaian Ruth Sahanaya dan Titi DJ di industri musik.

Ruth Sahanaya lahir di Bandung, 1 September 1966. Bakat bernyanyinya sudah ada sejak usianya masih kecil. Ia kerap kali memenangkan kejuaraan lomba menyanyi yang diikutinya.

Akhir tahun '80-an, Uthe, sapaan akrab Ruth Sahanaya, mencoba meniti kariernya sebagai penyanyi dengan hijrah ke Jakarta. Beragam perhargaan baik dari dalam maupun luar negeri berhasil ia rengkuh. Sehingga, namanya sebagai seorang penyanyi kian bersinar.

Tahun 1987, album perdananya yang berjudul 'Seputih Kasih' meledak di pasaran. Dua tahun berselang, album keduanya yang berjudul 'Tak Kuduga' berhasil dirilis.

Selama berkarier di industri musik, penyanyi berusia 52 tahun tersebut telah menelurkan 10 album, 3 album kompilasi, 4 album rohani, dan 2 album bersama 3 Diva.

Pada tahun 1994, Uthe menikah dengan Jeffrey Waworuntu. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak bernama Nadine Emanuella Waworuntu dan Amabel Odelia Waworuntu.

Selama lebih dari 30 tahun mengabdikan diri sebagai penyanyi, beragam penghargaan berhasil didapatkannya. Beberapa di antaranya adalah 'The Best Recording Artist' dan 'The Best Selling Album Category Pop Kreatif Music' untuk album 'Tak Kuduga' dari BASF Award 1989, serta 'Triple Platinum Record' untuk album 'Kaulah Segalanya'.

Februari lalu, Uthe meluncurkan album terbarunya yang berjudul 'Rinduku'. Albumnya yang ke-18 itu hadir dengan aransemen big band dan memuat 10 lagu ciptaan Ria Prawiro. Beberapa di antaranya pernah dinyanyikan oleh Vina Panduwinata. 

Uthe juga mendapatkan penghargaan 'The Best Selling Album' di Anugrah Musik Indonesia 1999 untuk album 'Kasih'. Yang terbaru, Uthe meraih piagam sebagai 'Asia's Music Legend' dari Top Asia Music Legend Award.

Sementara itu, Titi Dwi Jayati alias Titi DJ memulai kariernya pada tahun 1983 dengan merilis album ‘Bukan Hanya Satu Kali’. Siapa sangka, pemilik nama asli Titi Dwijayati ini pernah mengikuti ajang Miss World di tahun 1983. Sayangnya, dia tidak lolos dalam ajang tersebut.

Meski sempat mengalami pasang surut dalam kariernya, Titi tidak pernah menyerah begitu saja. Perceraiannya dengan Bucek Depp rupanya membawa hikmah. Album ‘Bahasa Kalbu’ yang dirilis tahun 1999 sukses besar. Bahkan, Titi meraih lima penghargaan dari enam nominasi di ajang Anugerah Musik Indonesia 1999. 

Di tahun 2004, Titi meluncurkan album 'Greatest Hits' yang berisi beberapa hits-nya yang populer, antara lain ‘Ekspresi’, ‘Bintang-Bintang’, ‘Bahasa Kalbu’, ‘Salahkah Aku’, ‘Keresahanku,’ dan ‘Kuingin’.

Titi menggelar konser tunggal pertamanya dengan tajuk ‘Titi DJ Sang Dewi Live in Concert’ di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, pada 30 September 2005. Di awal tahun 2011, Titi kembali menggelar konser untuk memperingati 25 tahun berkarier di industri musik dengan tajuk ‘Konser Swara Sang Dewi’.

Tidak hanya di dalam negeri, Titi juga menggelar konser di luar negeri pada tahun 2013 dan menjadi penyanyi wanita Asia pertama yang melakukan konser di Marina Bay Sands, Singapura.

Selama berkarier di dunia tarik suara, Titi telah meluncurkan 15 album, 1 album duet bersama Indra Lesmana, 2 album bersama 3 Diva, serta sejumlah single. Baru-baru ini, Titi mengeluarkan single berjudul 'Imajinasi'. Single terbarunya itu diciptakan oleh Indah Anastasya dan diaransemen oleh Tohpati.

Titi DJ juga mempertahankan eksistensinya dengan tampil di beberapa film Tanah Air, seperti ‘Madame X’, ‘Arisan! 2’, ‘Get Married 3’, dan ‘Perahu Kertas’.

Selama 35 tahun berkarya, Titi sudah meraih berbagai penghargaan, seperti ‘Album Pop Terbaik’ untuk lagu ‘Bahasa Kalbu’ dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 1999 dan 'Sang Dewi' sebagai pemenang International Song Festival ISF (Asia) di tahun 2002. Titi juga memecahkan rekor MURI untuk kategori penyanyi wanita pertama di Indonesia yang menggelar konser sebanyak 7 kali pertunjukan selama 4 hari berturut-turut.

Jadi, dari dua diva tersebut, siapakah favorit kalian?

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

999 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ludfi Ludfi 28 April 2019 | 20:51:18

wah saya lebih memilih titih dj sihh

Roihan Pradita 12 April 2019 | 22:26:36

dua duaNgaa sangat cantik dan menarik

Fariz Gonibala 28 February 2019 | 06:24:38

dua duanya sangat cantik dan menarik

Rocki Dayat 27 February 2019 | 13:29:06

saya lebih memilih titi dj ajalah yah

Gisela Septiani 26 February 2019 | 11:07:41

dua duanya sama sama bagus yah suaranya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top