Iqbaal Ramadhan Dukung RUU Permusikan

10 February 2019 by
Iqbaal Ramadhan Dukung RUU Permusikan

Aktor dan penyanyi Iqbaal Ramadhan tak ketinggalan memberikan pendapatnya soal RUU Permusikan. Berbeda dari sejumlah musisi kebanyakan yang menolak, bintang fim Dilan 1991 itu justru mendukungnya.

Menurut Iqbaal Ramadhan, meski terdapat sejumlah pasal yang menuai pro dan kontra, ia yakin RUU Permusikan memiliki niat yang baik untuk memajukan musik dan musisi Indonesia.

"Saya percaya kalau RUU itu dibuat untuk sesuatu yang baik untuk musisi, karena saya juga selaku musisi saya juga ingin musisi punya pengakuan di dalam tata kenegaraan di Indonesia. Saya ingin di KTP nanti tidak hanya ditulis sebagai musisi saja tapi bisa ditulis sebagai musisi, aktor dan lainnya," ujar Iqbaal Ramadhan, saat ditemui di kawasan Menteng, Sabtu (9/2/2019).

Iqbaal Ramadhan mengakui, RUU Permusikan yang ada saat ini masih membutuhkan revisi di sana-sini. Ia pun menilai sah-sah saja adanya pro kontra soal RUU Permusikan.

"Cuma memang dalam perancangan, yang namanya rancangan sesuatu yang baru direncanakan pasti ada trial and error dan ada kesalahan di situ. Memang terdapat pasal-pasal yang agak menghilangkan esensi dari seorang musisi dalam hal kebebasan berpendapat. Mungkin pasal-pasal itu yang menjadi perbincangan orang-orang di luar sana," sambung mantan personel Coboy Junior ini.

Lebih lanjut, Iqbaal menyayangkan sikap beberapa musisi yang menanggapi negatif RUU Permusikan padahal di dalamnya ada beberapa pasal yang menurutnya baik untuk masa depan musisi Indonesia, misalnya soal perlindungan hak para kru musik.

"Yang saya sayangkan adalah ketika RUU itu ingin dirancang, baru ingin dibangun untuk musisi, lalu ada pasal-pasal yang baru dirancang yang belum disahkan yang masih bisa diobrolin tapi orang sudah melihat RUU Permusikan ini sudah salah semuanya. Padahal di dalamnya ternyata gue lihat banyak hal-hal yang baik," kata aktor 19 tahun tersebut.

Iqbaal mencontohkan soal hak dan kewajiban kru musik yang sampai saat ini belum jelas padahal kru musik adalah "roda berjalannya sebuah band," kata Iqbaal Ramadhan.

Iqbaal Ramadhan. (Ismail/Suara.com)
Iqbaal Ramadhan. (Ismail/Suara.com)

Selain itu pasal soal hak cipta juga dinilai baik oleh Iqbaal Ramadhan.

"Itu baik sekali, jadi nanti kalau saya nulis lagu, saya yang compose dan karang sendiri kan nanti saya dibayarnya beda-beda, nah itu artinya bisa menghidupkan musisi seperti di luar negeri. Memang di dalamnya masih ada yang harus direvisi tapi sayang sekali kalau semua orang melihat RUU Permusikan ini salah semuanya, sedangkan ini namanya juga RUU -- Rancangan Undang Undang," katanya.

Sumber: Antara

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

3600 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Crazy PandaX 22 February 2019 | 12:43:39

yang lain nggak suka adanya RUU promosikan kok Iqbal ngadukung

halbila susilo 22 February 2019 | 12:29:34

wah iqbal setuju sma ruu permusikan

suci fani 22 February 2019 | 10:54:29

Iqbal ati ati nanti kena bully

Fajar P 22 February 2019 | 08:23:14

apaan sih nih si iqbaal ikutan baee

Zaki Alhadid 22 February 2019 | 08:22:43

iya mak bal dukung dukung aja kak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top